Sekolah Peninggalan Zaman Belanda Yang Masih Kokoh Berdiri

Bangunan peninggalan zaman Belanda dikenal kokoh dan kuat meskipun minim perawatan. Di sejumlah daerah, keberadaannya masih difungsikan untuk perkantoran pemerintah, hotel, museum, dan sekolah.

Di Kota Manado terdapat satu bangunan sekolah dasar (SD) peninggalan zaman Belanda yang masih kokoh berdiri, yaitu SDN 4 Manado. Sekolah yang terletak Jalan Kartini, Manado ini dibangun pada tahun 1898 dan masih difungsikan sampai sekarang.

Tinggi bangunannya sekitar lima meter. Desain pintu dan jendelanya dibuat ganda dapat dibuka ke kiri dan ke kanan, serta terbuat dari kayu yang cukup tebal. Tembok-tembok dan rangka kayunya masih cukup kuat menopang atap yang terbuat dari seng.

Plt. Kepala Sekolah SDN 4 Manado Lenni Wongkar-M mengatakan, bangunan ini masih digunakan untuk ruang perpustakaan dan olahraga, sedangkan ruang kelas 1 s.d. 6 sudah menempati bangunan tambahan di belakangnya. “Ruangannya juga sering digunakan untuk pertemuan dengan orang tua dan sebagian ruangan untuk taman kanak-kanak,” katanya saat ditemui di sekolahnya, di Manado, Jumat (14/12/2013).

Dia mengungkapkan, sekitar empat tahun lalu bangunan ini pernah mengalami rusak berat tertimpa pohon mahoni di depan sekolahnya, yang tumbang diterjang hujan angin. Sebagian besar atapnya roboh dan menimpa ruang kelas di bawahnya. Beruntung peristiwa itu terjadi sore hari saat siswa telah pulang sekolah.

Karena termasuk dilindungi, maka bangunan ini tidak tdak boleh dibongkar. Hanya atap serta sengnya saja yang diganti baru. Beberapa bagian besinya tampak sudah berkarat. Perawatan yang dilakukan hanya dengan mengecat saja. “Gedung peninggalan Belanda tidak boleh dibongkar dan hanya direnovasi saja,” kata wanita berkaca mata, yang baru menjabat selama dua bulan ini.

Guru Pendidikan Agama Islam Ahmad Misbah mengatakan, satu tahun sebelum mengalami rusak karena tertimpa pohon, ada turis dari Belanda yang berkunjung ke sekolah ini. Menurut dia, para turis tersebut mengetahui keberadaan sekolah ini dari internet. “Mereka tertarik ingin melihat bangunan peninggalan zaman Belanda di sekolah ini,” katanya.

Ahmad mengatakan, SD 4 Manado adalah satu-satunya gedung sekolah peninggalan zaman Belanda yang ada di Kota Manado. Sebelumnya, kata dia, ada gedung sekolah lain yang bangunannya merupakan peninggalan zaman Belanda, tetapi telah dibongkar dan dibangun lagi dengan yang baru. “Harapannya bangunan ini agar dipertahankan (keberadaannya),” katanya. Sumber: Indeks Berita

*

*

Top